Keluarga

KIAT- KIAT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KEBAIKAN ISTRI

KIAT- KIAT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KEBAIKAN ISTRI

Istri merupakan muara segala rasa dan suasana dalam sebuah keluarga. Jika seorang istri adalah tokoh yang sholihah dan qonaah maka ramah tangga dan para anggotanya meemiliki banyak peluang dalam sakinah mawaddah wa rahmah. Hal ini seperti dibenarkan oleh kisah nabi ismail yang diperintah mengganti palang pintu oleh ayahandanya nabi Ibrahim setelah beliau mendapati istrinya dirumah mengeluh soal keadaan dirinya dan suaminya. Mengeluh kepada orang yang lain yang belum dikenalnya yaitu nabi Ibrahim. Tak dinyana orang tersebut adalah mertuanya.

Namun seorang istripun kadang seperti berada dalam dilemma seperti pada kisah atiqah yang di cerai oleh putra abu bakar RA. Walaupun beliau adalah wanita sholihah. Karena abu bakar memiliki kekhawatiran tersendiri mengenai anaknya jika tetap bersama istrinya tersebut. Namun begitu, takdir jualah yang merujuk mereka kembali.

Pada intinya, siapapun hanya bisa Mengharapkan Allah bagi dirinya ataupun bagi orang lain. Karena kita tidak bisa menggenggam otaknya pun hatinya. Tapi kita bisa menghiba pada sang pemilik ubun-ubun nya. Allah ta’alaa.

Suami adalah imam dalam keluarga. Tugas suami adalah menjaga istri dan anak-anaknya agar terhindar dari api neraka seperti yang telah Allah kabarkan dalam firmannya di QS Adz zaariyat 56.  Adapun beberapa cara untuk meeningkatkan kualitas kebaikan istri itu adalah dengan cara:

  1. Mendoakan kebaikan bagi istri. Doa adalah senjata orang yang beriman.
  2. Bersabar dengan kebengkokan sifat dan wataknya.
  3. Memiliki sifat cemburu terhadap istri. Cemburu jika istri melanggar syariat.
  4. Meluangkan waktu untuk memperhatikan hatinya. Perhatian mempunyai peraan yang penting agar istrii mudah menjadi taat kepada suami sehingga suami lebih mudah dalam memperbaiki kekurangan istri.
  5. Memperhatikan cara beribadahnya apakah sudah benar atau belum. Jika ada kesalahan, maka ajarilah. Berikan contoh yang baik kepadanya.
  6. Berusaha untuk meningkatkan keimanan sang istri. Seperti memberikan semangat dalam menunaikan qiyamul lail atau sholat malam, membaca Al Qur’an, menghafalkan ayat-ayat penting dalam Al-Qur’an dan dzikir atau selalu mengingatkan kepadanya tentang pentingnya menjaga aurat  dan lain sebagainya.
  7. Memberikan hadiah yang bermanfaat. Saling memberikan hadiah merupakan pengikat kasih sayang.
  8. Membeerikan teladan yang baik. Karena laku leebih baik dari lisan.

Demikianlah  KIAT- KIAT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KEBAIKAN ISTRI sehingga diharapkan keluarga muslim bisa menjadi keluarga yang sakinah dan diberkahi.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close